Membaca Buku Dengarlah Nyanyian Angin-Haruki Murakami



Buku dengarlah nyanyian angin karya Sensei Haruki Murakami merupakan salah satu buku favorite saya setelah Norwegian Wood. Saya bukan tipe orang yang betah membaca buku hingga berulang kali. Hanya buku yang bagi saya bagus, bisa terbaca lebih dari dua kali. Saya merasakan keintiman jika membaca karya murakami yang ini. Dari tokoh, latar dan alur serasa menyatu dengan diri saya. Ada rasa kebahagian yang sulit untuk dijabarkan dalam sebuah kalimat ataubahkan kata. Tokoh “Aku”, Nezumi dan beragam mantan pacar tokoh “aku” melekat dalam memoar saya.
Dengarlah nyanyian angin menurut saya bercerita soal kegetiran, kehampaan dan putus asa dari tiap tokoh cerita dalam menghadapi masalah hidup. Misalnya saja tokoh Nezumi yang memiliki masalah dengan orang kaya dan seorang perempuan, lalu teman dekat tokoh “Aku” yang berjari 4, memiliki masalah keluarga yang cukup rumit serta kehidupan yang sulit. Tiap masalah tentu ada jalan keluarnya, dan angin saya gambarkan seperti itu. rasakan dan dengarlah angin yang bersemilir, bergemerisik dan menyentuh tubuh kita. Rasakan bahwa ia bersuara layaknya benda bernyawa yang akan menerpa sesuatu yang hitam, yang menyelimuti dalam dirimu. Biarkan angin membawa segala keluh kesah dan kegetiran yang ada, yang dirasa dan yang terpendam.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Emak: Catatan Rindu

Takut

Sekat